Danau Biru Kaolin Bangka

April 30, 2017
adsense 336x280

Sebenarnya ini bukan tempat wisata tapi entah kenapa media sosial berhasil menyulap lahan pasca tambang ini menjadi menarik dan mengundang penasaran banyak orang.
Kawasan pasca tambang ini tergolong lahan kritis, atau lahan yang tidak produktif untuk ditanami jenis tanaman perkebunan, pertanian dan holtikultura. Akhir-akhir ini tidak jarang banyak orang pintar yang mencoba mngubah lahan pasca tambang  menjadi lahan subur dan produktif. Memang bukan keniscayaan, toh ada lahan pasca tambang yang sekarang menjadi kawasan agrowisata dipangkalpinang, terintegrasi dan menjadi subur.
Letaknya di Desa Air Bara Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan, banyak orang mengenalnya dengan sebutan air bara atau aik barre ada juga yang bilang air biru, sayang penduduk sekitar belum sadar kalau ada kolong yang semenarik ini didekat kawasan mereka tinggal. Warnanya biru, ini yang membuat kolongnya begitu unik dan indah, pantas banyak orang penasaran. Belum banyak yang tahu penyebab birunya warna air kolong ini, ada yang bilang karena pantulan cahaya matahari, karena genangan air dikolong ini kepalang jernih,fenomena alam dan lain-lain, yah asumsi saya masih berkutat pada hal-hal diatas.
Dibangka belitung memang terhampar kolong-kolong bekas galian tambang timah, tapi tidak semuanya menarik perhatian banyak orang, hanya beberapa saja yang memiliki keunikan seperti air bara ini.

adsense 336x280

0 Response to "Danau Biru Kaolin Bangka"

Post a Comment

Popular Posts