Makanan Khas Bangka Belitung

adsense 336x280 Makanan Khas Bangka Belitung - Saat berkunjung ke propinsi Bangka dan Belitung jangan lupa mencoba jenis makanan khas yang asli berasal dari propinsi ini.

Setiap daerah propinsi di Indonesia Selalu menawarkan keunikan kuliner yang beraneka ragam. Apa nama dan jenis makanan, jajanan atau masakan khas yang berasal dari Bangka Belitung?

Lempah kuning
 
Makanan ini merupakan masakan khas dari Pulau Bangka. Bahan dasar untuk pembuatan makanan ini dari bahan ikan laut atau dapat juga menggunakan bahan daging. Bumbunya terdiri dari bermacam bumbu dapur seperti diantaranya kunyit, bawang merah dan putih serta lengkuas dan terasi atau belacan yang juga khas berasal dari daerah Bangka.

Getas atau Keretek
Makanan yang satu ini berbahan dasar ikan dan terigu yang dibuat dengan berbagi bentuk yang rasanya hampir sama dengan kerupuk.

Rusip
Makanan khas ini terbuat dari bahan dasar ikan bilis yang sebelum pembuatannya dicuci hingga bersih dan ditiriskan secara steril lalu dicampur dengan garam yang komposisinya seimbang. Agar aromanya menjadi harum dan wangi ditambahkan gula kabung. Adonan ini harus ditutup dengan wadah yang rapat agar tidak tercampur dengan benda asing apapun. Dahulu saat proses pembuatan adonan makanan ini ditempatkan dalam guci yang bermulut sempit. Suhu ruangan harus benar benar dijaga. Makanan ini dapat dimasak dulu atau dimakan langsung dengan lalapan.

Calok
Makanan Calok terbuat dari udang kecil yang masih segar yang disebut dengan udang cencalo/rebon. Proses pembuatannya udang dicuci bersih terlebih dulu dan dicampur dengan garam sebagai pengawet agar tahan lebih lama. Makanan Calok sangat cocok sebagai teman lauk nasi yang masih hangat dengan lalapan ketimun, tomat dan sayuran segar lainnya.

Jenis makanan khas lainnya yang juga berasal dari Bangka Belitung adalah Belacan, Tembiluk, Kempelang, Kerupuk Bangka, Lempah Darat, Empek-empek Bangka, Lakso, Tempoyak, Bergo, Tekwan, Laksan, Otak-otak, Sambellingkung, Martabak Bangka atau Kue Van De Cock/Hok Lo Pan, Lempok yaitu makanan sejenis dodol.
  adsense 336x280

2 Responses to "Makanan Khas Bangka Belitung"

Popular Posts